Recent post

    Cara Membuat Kerupuk Miskin khas Subang

    Cara Membuat Kerupuk Miskin Khas Subang - Saat ini subang identik dengan buah nanas, tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke daerah tersebut tidak mencicipi nanas dari daerah subang. Ternyata anggapan tersebut salah, karena di daerah subang tak hanya terdapat produk dari buah nanas dan masih banyak produk lain yang tak kalah populer di kalangan masyarakat Subang itu sendiri, Salah satunya adalah Kerupuk Miskin. Sesuai dengan namanya, kerupuk miskin di buat dengan cara di goreng menggunakan pasir kalau istilah sunda di sangrai dan tidak menggunakan minyak goreng, maka dari itu di namai dengan kerupuk miskin karena tidak banyak biaya yang di keluarkan. Tidak hanya proses penggorengannya saja yang unik, Cita rasa yang gurih dan bau yang harum pun menjadi ciri khas dari kerupuk tersebut.

     Nah apabila berkunjung ke Subang jangan lupa untuk membeli kerupuk jenis ini sebagai oleh-oleh yang bisa di jumpai di pinggiran jalan atau kios-kios yang ada di lokasi wisata di daerah subang. Dengan harga yang bervariasi tergantung dengan ukuran kemasan, biasanya si penjual membandrol dengan harga sekitar Rp 5.000 sampai dengan Rp 8000 rupiah untuk kemasan yang sedang, Dan Rp 1000 rupiah untuk kemasan yang kecil. Bagaimana cukup murah bukan?.

    Untuk yang jauh dari daerah tersebut atau tak sempat berkunjung kesana tapi ingin mencoba mencicipi, tak perlu khawatir karena kami akan coba berbagi resepnya untuk anda sesederhana mungkin. untuk resep selengkapnya mari kita simak sama-sama di bawah ini.

    Cara Membuat Kerupuk Miskin khas Subang

     Bahan-bahan:

    • Tepung kanji atau tepung singkong
    • Bawang merah
    • Bawang putih
    • Garam
    • Penyedap rasa
    • Pewarna makanan
    • Air
    • Pasir sungai yang hitam atau pasir yang sudah di bersihkan
    Semua Bahan-bahan di atas di takar secukupnya sesuai kebutuhan.

    Cara Membuat Kerupuk Miskin khas Subang:

    1. Langkah pertama adalah: Haluskan bumbu seperti bawang merah, dan bawang putih.
    2. Setelah bumbu d haluskan, campurkan dengan tepung kanji. kemudian tuangkan air panas yang mendidih kedalam adonan tersebut, lalu masukan garam, penyedap rasa dan pewarna makanan. aduk rata.
    3. Tuangkan adonan yang telah di beri air ke dalam cetakan yang telah di siapkan, kemudian kukus adonan yang sudah didalam cetakan. angkat, tunggu sampai agak dingin.
    4. Gunting atau bentuk adonan sesuai selera, kemudian keringkan di atas sinar matahari sampai benar-benar kering dan mengeras.
    5. Setelah sudah kering, siapkan penggorengan dengan ukuran yang lumayan besar yang sudah terisi pasir, lalu panaskan. Masukan bahan kerupuk miskin yang sudah kering kedalam pasir. aduk-aduk supaya kerupuk mengembang dan matang. 
    6. Angkat lalu masukan kedalam pelastik atau toples untuk siap di hidangkan dan di nikmati.
    Bagaimana, Cukup mudah dan sederhana bukan? Anda juga bisa membuat variasi warna dengan menambahkan pewarna makanan seperti merah, dan kuning. karena warna itu warna yang biasa di gunakan untuk Kerupuk Miskin ini. Dan inget ya, pasir yang di gunakan bukan pasir yang biasa di gunakan untuk membangun rumah. anda bisa menggunakan pasir pantai atau bisa membeli dari pemasok pasir khusus untuk memasak kerupuk ini.

    Demikian mengenai resep Cara Membuat Kerupuk Miskin khas subang yang kami suguhkan, Semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah berkenan mampir di blog ini. Dan jangan lupa baca juga resep sebelumnya Cara Membuat Belalang Goreng Renyah Gurih. Terimakasih, Selamat Mencoba.
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment